Manntabb! Pemkot Bandung Raih Penghrgaan Pelayanan Publik Tahun 2023

oleh -179 Dilihat
oleh

Bandung, SP,- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerima penghargaan Pelayanan Publik tahun 2023 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Selasa 21 November 2023. Penghargaan ini diberikan setelah Kemenpan RB memantau dan mengevaluasi kinerja pelayanan publik di Kota Bandung.

Seusai menerima penghargaan tersebut, Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyampaikan apresiasi terhadap kerja keras Pemkot Bandung dalam meningkatkan pelayanan publik.

banner 336x280

“Ini adalah hasil kerja keras Pemkot Bandung dalam rangka meningkatkan pelayanan publik. Ini adalah salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah pusat. Tentunya sebagai motivasi kita untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan publik untuk seluruh masyarakat di Kota Bandung,” ujar Bambang.

Baginya, esensi penting dari optimalisasi pelayanan publik bukan dengan menerima penghargaan, tapi menjadikannya sebagai motivasi untuk terus memaksimalkan dan memperbaharui pelayanan agar semakin mempermudah masyarakat. Sebab tujuan utama dari penyelenggaraan pemerintahan adalah kesejahteraan masyarakat.

Khususnya dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan. Meski semua sektor juga terus kita optimalkan pelayanan publiknya. Esensi pentingnya bukan mendapatkan penghargaan, tapi bagaimana kita berupaya semaksimal mungkin untuk kita lebih bisa meningkatkan pelayanan publik kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin menjelaskan, Kota Bandung telah memiliki mal pelayanan publik (MPP) dan gerai pelayanan publik untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Proses pembangunannya lumayan membutuhkan upaya yang cukup maksimal karena tidak mudah kita membangun kolaborasi dengan beberapa instansi eksternal dan internal,” ucap Ronny.

Ia menyebutkan, ada 26 tenant dan 2 pojok layanan di MPP dan gerai pelayanan publik yang dibangun di tahun 2022.

Ia berharap, dengan apresiasi yang diberikan Kemenpan RB kepada Pemkot Bandung bisa menjadi motivasi bagi pemerintah untuk lebih meningkatkan pelayanan publik khususnya di MPP Kota Bandung.

“Mudah-mudahan kehadiran MPP ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Kota Bandung,” harapnya.

Ia menambahkan, sebelumnya Kemenpan RB telah mengevaluasi dan meninjau langsung ke MPP Kota Bandung. Ada beberapa indikator yang menjadi perhatian Kemenpan RB. Di antaranya kesinambungan layanan dari mulai uji coba, peresmian, sampai pelayanan hari ini.

“Alhamdulillah MPP yang berkunjung sudah mencapai lebih dari 85.000 orang. Sedangkan pengunjung gerai pelayanan publik sebanyak 38.000 orang,” sebutnya.

Dengan jumlah yang demikian banyak, Ronny berharap, ke depan melalui sosialisasi dan penghargaan yang diberikan kepada Pemkot Bandung bisa semakin meningkatkan jumlah masyarakat yang memanfaatkan MPP. Terutama untuk seluruh tenant yang sudah ada bisa memberikan pelayanan yang semakin baik kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan akan semakin banyak tenant yang bergabung juga di MPP. Kita akan menyesuaikan dengan kondisi eksisting gedung yang ada untuk menambah ruang bagi tenant baru,” akunya.

“Kita akan terus tingkatkan inovasi salah satunya dengan MPP digital. Ada dua pojok juga yakni Dekranasda dan inves Bandung untuk menarik investor sebanyak-banyaknya ke Kota Bandung,” lanjut Ronny. (Red)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.